ARSITEKTUR TRADISIONAL [YAME OWAA] DAN KEARIFAN MEMBANGUN SUKU MEE PAPUA



Rumah Adat Suku Mee (yameeowa)

           
Arsitektur tradisional yamewa adalah sebuah rumah tinggal untuk laki-laki, yang dibangun oleh suku Mee Papua. Siapa suku Mee itu? Suku Mee adalah salah satu suku dari 312 suku yang ada di Papua [Athwa, 2004: 7]. Suku Mee mendiami di wilayah Pegunungan Tengah Papua Bagian Barat. Ciri khas wilayah suku Mee adalah di sekitar Danau Paniai, Danau Tage, Danau Tigi, Lembah Kamu [kini Kabupaten Dogiyai] dan Pegunungan Mapiha/ Mapisa [Koentjaraningrat, 1963]. Namun, kini secara administrasi pemerintahan suku Mee berada di empat Kabupaten yakni Kabupaten Paniai, Kabupaten Deiyai, Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Nabire.
Arsitektur Tradisional Yamewa adalah wujud karya nyata leluhurSuku Mee. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah karya leluhur itu dapat di lestarikan  atau dimusnahkan, karena mengangap “kuno, kampungan, ketinggalan,dan tradisional?”. Arsitektur tradisional merupakan suatu wujud kebudayaan yang bertumbuh dan berkembang bersama dengan pertumbahan dan perkembangan suatu suku   atau bangsa. Dan merupakan wujud unsur kebudayaan yang bisa diraba/ dilihat [Koentjaraningrat[2002],dalam [Nurani, 2004:11-12].
Arsitektur tradisional “Yamewa” adalah salah satu dari hasil penelitian yang didapat, dan berhasil dihimpun. Dalam penelitian yang berjudul “Studi Tipologi dan Kearifan Arsitektur Tradisional Suku Mee Papua” itu kami menemukan beberapa tipe arsitektur tradisional yang dimiliki oleh suku Mee Paniai Papua [baca: www. wikimu.com].
Dalam arsitektur tradisional Yamewa suku Mee Papua terkandung nilai-nilai budaya yang diperlihatkan melalui hasil karya arsitektur Yamewa. Yamewa yang dapat kita lihat saat ini adalah hasil kesimpulan akhir atas pengujian alami yang dilakukan oleh leluhur orang Mee. Selain itu, Yamewa merupakan kesimpulan dari apa yang dipikirkan oleh orang Mee, dan “diwujudkan” [dibangun] sebagai tanggapan terhadap sekumpulan kondisi yang kadang-kadang hanya bersifat fungsional semata atau merupakan refleksi sosial, ekonomi, politik, perilaku atau tujuan-tujuan simbolis [D. K. Cing, 1996].

1.    Arti kata Yamewa/ Yame Owa.
Setiap nama yang diberikan oleh Suku Mee, baik untuk nama orang, nama  tempat, nama gunung, nama danau, atau nama pohon masing-masing mempunyai makna dibalik nama itu. Kata yamewa berasal dari bahasa suku Mee Papua. Yamewa berasal dari dua kata yaitu yame dan owa. Secaraharafiahyame artinya laki-laki.Owaartinya rumah.Sehingga  Yame Owa artinya [Rumah tinggal khusus laki-laki]. Rumah ini [yame owa]dibangun untuk tempat tinggal khusus laki-laki dalam sebuah kampung. Dalam sebuah kampung terdapat 1 [satu] yame owa atau lebih. Jika jumlah laki-laki yang ada di kampung itu tidak cukup untuk menampung dalam  yame owa itu. Namun, bagi seorang kaya [tonawi] jumlah laki-laki tidak menjadi pertimbangan pokok. Tetapi sebuah “kebutuhan utama” untuk memperlihatkan eksistensinya sebagai seorang tonawi. Tonawi adalah sebutan bagi seseorang yang dianggap telah matang [mobu]dalam  perekonomian dan menguasai hal-hal mistik [Pigai, 2008:7].
Penyebutan lain dari kata yamewa/ yame owa  adalah emawa.Bila kita tinjau dari harafiahnya, kata emawamengandung dua arti. Pertama, ema artinya pangung hiburan yang dibuat di rumah pesta adat [yuwowa pa]. Kedua wa,adalah singkatan dari kata owa, yang artinya rumah. Jadi, emawa artinya tempat dimana para laki-laki berkumpul entah di yamewa, sebagai tempat tinggal laki-laki atau di yuwowa sebagai tempat hiburan/ pesta adat. Dimana para laki-laki terutama anak muda mencari jodoh. Pembicaraan mengenai yuwowa, mengapa itu dibangun? Apa arti filosofis bagi suku Mee, terutama kaitannya dengan ilmu arsitektur, kita akan bahas dilain waktu. Karena dalam tulisan ini kita harus membatasi diri pada yamewa/ yame owa dan kaitannya dengan filosofi, nilai-nilai adat dan budaya yang terkandung dalam ilmu arsitektur tradisional[yamewa/ yame owa].

2.    Makna Yamewa dalam kehidupan laki-laki suku Mee.
Yamewa tidak berdiri begitu saja  sebagai sebuah maha karya para leluhur suku Mee sebagai [wujud] dan tempat dimana para laki-laki berkumpul pada malam hari untuk berlindung dari gelapnya malam.Akan tetapi keberadaan yamewa sangat menentukan kehidupan [masa depan] suku Mee sebagai tempat inisiasi bagi para anak laki-laki.Yamewa dibangun oleh seseorang [tonawi] atau yang dianggap tua di sebuah kampung.Sebagai tempat dimana para laki-laki berkumpul, maka dalam yamewa terbentuk suatu komunitas yang disebut “komunitas laki-laki”.Komunitas laki-laki yang terbentuk di dalam yamewa ini dapat dikatakan sebagai suatu masyarakat.
Menurut Abdul Syani [1987] dalam Basrowi [2005] membagi masyarakat community [komunitas] dari dua sudut pandang.Pertama, memandang community sebagai unsur statis, artinya community terbentuk dari suatu wadah atau tempat dengan batasan-batasan tertentu, maka ia menunjukkan bagian dari kesatuan-kesatuan masyarakat sehingga ia dapat pula disebut sebagai masyarakat setempat, misalnya kampung kecil. Masyarakat setempat adalah suatu wadah dan wilayah dari kehidupan sekelompok yang ditandai oleh adanya hubungan sosial.Disamping itu, dilengkapi pula oleh adanya hubungan perasaan sosial,nilai-nilai dan norma-norma yang timbul atas akibat dari adanya pergaulan hidup bersama manusia.Kedua,community dipandang sebagai unsur yang dinamis, artinya menyangkut suatu proses-[nya] yang terbentuk melalui faktor psikologis dan hubungan antarmanusia, maka didalamnya ada yang sifatnya fungsional.Sebagai contoh, masyarakat pegawai negeri sipil, masyarakat, mahasiswa, dan lain sebagainya [Basrowi, 2005:37-38].
Dari kedua pandangan diatas, maka didalam yamewa dapat disebut sebagai sebuah bangunan [ruang] yang membatasi komunitas laki-laki dan komunitas perempuan.Maka, dalam kehidupan masyarakat Mee mendirikan dua jenis bangunan yaitu bangunan khusus laki-laki disebut yamewa dan bangunan khusus perempuan disebut yagamowa/ yagamo owa. Dengan pembagian [rumah] yang “jelas, tegas” ini yang dibatasi oleh nilai-nilai dan norma adat dan budaya orang yang patut di anut oleh masyarakat Mee.
Berdasarkan pembagian komunitas antara laki-laki dan perempuan ini, maka pada akhirnya masyarakat suku Mee “membagi, membatasi” [antara laki-laki dan perempuan] dengan sebuah bentuk wujud nyata karya arsitektur “yamewa”.Pembatasan dan pembagian ini tidak berhenti sampai disitu, namun dalam nilai-nilai hidup budaya orang Mee sejak dulu telah ada.Dimana adanya pembagian tugas dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang jelas dan tegas dalam memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga mereka.Untuk itu, yamewa berdiri dalam arti arsitektur sebagai identitas diri laki-laki dari fasad estetis [wujud bentuk luar maupun isi ruang dalam yamewa itu sendiri]. Sedang yamewa dalam arti antropologi, sosial dan budaya suku Mee dipandang sebagai berikut:
Pertama, Tempat musyawarah [mana duwaida/ mana duwataida]. Kehidupan suku Mee pada masa lalu tidak terlepas dari, masalah/ perang antar kampung dan marga. Masalah-masalah itu dipicuh oleh berbagai hal misalnya, perebutan tanah leluhur, persoalan maskawin perempuan. Kedua hal ini yang menjaddi dominan dalam kehidupan suku Mee, karena pertama tanah diyakini sebagai “mama” yang memberikan susu kepada anaknya. Kedua, maskawin perempuan, karena arti perempuan bagi suku Mee diantanya adalah dompet laki-laki, sumber keturunan, tali persahabatan, dan penyelesai perang/ masalah.
Bukan hanya kedua hal diatas, namun apapun masalah yang sering terjadi di kehidupan suku Mee, maka tempat penyelesaian masalah adalah di yamewa. Dalam proses penyelesaian masalah semua laki-laki dan perempuan berkumpul untuk membicarakan masalah yang terjadi. Namun, kadang-kadang para perempuan diminta untuk tidak ikut terlibat [tidak dilibatkan] dalam proses penyelesaian masalah itu.
Beberapa pertimbangan mendasar untuk di jadikan yamewa sebagai tempat bermusyawarah adalah pertama,ruang luar dan dalam yang besar dan luas bila dibandingkan dengan yagamo owa [rumah tinggal khusus perempuan]. Kedua, masalah atau persoalan yang dibahas dapat diselesaikan atas kesepakatan bersama [sama-sama untung]. Ketiga, orang yang baru datang dari luar kampung [mee te me] datang atau masuk di dalam yamewa dengan berani dari pada yagamo owa. Bila musyawarah dilakukan di yagamo owa, para tamu engan masuk ke dalam rumah tinggal perempuan. Karena pertimbangan privasi perempuan, dan merasa malu. Keempat, bagi orang yang mempunyai pendapat, bebas mengeluarkan pendapat yang disertai alasan atau di sampaikan secara gambaran umum atau pokok pokok pikirannya saja [boko mana to wegai].
Kedua, tempat belajar seorang laki-laki [yame ka topetaida]. Kata yame ka topetaida artinya tempat terjadinya proses belajar dan mengajar khusus laki-laki. Yame ka artinya punya laki-laki. Lebih menekankan pada kepemilikan laki-laki. Maka itu, dalam yamewa berisi segala sesuatu yang “wajib” di pelajari/ belajar oleh anak-anak laki-laki. Karena, didalamnya terdapat, nilai-nilai budaya orang Mee yang harus diterima oleh laki-laki.
            Anak laki-laki yang telah mencapai usia lebih dari 4 tahun, wajib tinggal di Yamewa. Di yamewa para laki-laki berkumpul mengelilingi tungku api. Dan dirumah inilah anak-anak laki-laki belajar, mengikuti dan melanjutkan budaya orang Mee.
            Menurut Keontjaraningrat,kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil karya yang harus didapatkan dengan cara belajar dan yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat. Anak laki-laki Mee belajar kebudayaan suku Mee di dalam yamewa dengan cara belajar, hidup dan tinggal bersama dengan para orang dewasa di dalam yamewa atau diluar yamewa.
Di dalam ruang yamewa ini terjadi pertukaran informasi, tercipta budaya, dan hasil karya manusia Mee. Ruang yamewa saat berarti dalam kehidupan suku Mee dalam rangka pelestarian nilai-nilai budaya hidup yang terkandung dalam bangunan ini. Dalam yamewa terbentuk sebuah bangsa secara budaya, yang tidak ciri dan bentuk tidak sama dengan budaya orang lain. Seperti yang diungkapkanoleh Hatta,bahwa kebudayaan adalah ciptaan hidup dari suatu bangsa.
Ketiga, Tempat istirahat[yame ka uno umida].Setelah sepanjang harinya melakukan aktivitas masing-masing, para laki-laki berkumpul pada malam hari di kediaman mereka [yamewa].Aktivitas yang dilakukan oleh para laki-laki sangat berfariasi.Misalnya, ada yang pergi ke hutan untuk mencari kayu dengan berbagai kebutuhan. Sebelum tidur atau sekitar jam 06-09 para laki-laki [terutama anak-anak] datang ke yagamo owa [rumah tinggal perempuan] untuk mendapat makanan yang dipersiapkan oleh ibu rumah tangga bagi mereka. Makanan yang dibagikan oleh ibu rumah tangga diantaranya seperti ubi, [dugi/ nota] keladi [nomo] ikan atau udang.Dan kadang-kadang makan bersama dirumah yagamo owa, tapi makanan yang makan bersama ini kadang atas kesepakatan bersama. Misalnya, degnan cara aki you-you [artinya bagi dalam keadaan menta untuk msak masing-msing orang sesuai dengan selera].
Para laki-laki mulai berdatangan ke yamewa sekitar jam 7-10 malam. Mereka sebelum datang ke yamewa pergi [duduk bersama anak istri di yagamo owa] untuk mendapatkan makanan baginya yang disediakan oleh ibu-ibu.Setiap laki-laki yang telah berumur lebih dari 4 tahun harus tinggal di yamewa.Mengapa? Karena, dengan beranggapan bahwa tinggal [tidur] bersama perempuan [yagamo], maka laki-laki tidak akan berpikir baik, logis, dan benar, misalnya para laki-laki dilarang untuk mendekati perempuan pada saat perempuan mengalami halangan [menstruasi].
Para laki-laki yang telah berkumpul di yamewa, sebelum tidur [istirahat] mereka melakukan dialog [diskusi].Hal-hal yang mereka diskusi [bahas] diantaranya seperti masalah-masalah actual yang terjadi di sekitar kampung atau di luar kampung.Selain itu, mereka juga menceritakan berbagai hal terutama kepada anak-anak alaki-laki.Hal-hal yang lebih sering disampaikan adalah mengenai hubungan keluarga [system kekerabatan sosial], batas-batas tanah leluhur, mengingatkan masalah pada masa lalu [perang antar kampung atau marga].Pembahasan [diskusi] ini awalnya diceritakan oleh salah satu orang yang menyaksikan atau mendengar persoalan aktul yang terjadi sepanjang hari, atau sebelumnya.Jika persoalannya menarik, maka mereka membahas masalah itu sampai larut malam, kadang sampai pagi [tidak tidur].
Secara umum bahan diskusi yang menjadi menarik untuk diskusi di yamewa terutama kepada anak laki-laki sebagai proses inisiasi adalah yape mana [perang antar marga atau kampung], mas kawin [mege yamakita mana/ waka mana], menjarkan hal-hal baik, atau nilai-nilai luhur kepada anak laki-laki [umitou mana], dan bagaimana strategi menempu peperangan misalnya dengan kopa [tongkat] atau dengan memwabwa uka mapega [busur dan anak panah].
Keempat, Tempat menyimpan kelengkapan laki-laki.Yamewa bagi suku Mee tidak sekedaruntuk beristirahat atau sebagai simbol kejajahan seorang laki-laki. Tetapi dalam yamewa menyimpan berbagai macam dan bentuk kelengkapan laki-laki.Kelengkapan [alat-alat] yang disimpan ini ada yang barang-barang berharga dan legendaris.Tempat menyimpan [peletakan] dari masing-masing barang ini dipisahkan sesuai dengan jenisnya.Misalnya, ada yang di letakan di dinding, di sudut rumah [dagipakopa] dan dan juga di kidouda [ruang atas].
Alat-alat [kelengkapan laki-laki] yang menghiasi dinding rumah maupun yang diletakan dilantai di rumah yamewa diantaranya, adalah uka, mapega, koteka, waiya, ipou uwawe, ekina ego, woda ego, weta kona, yika, maumi.Setiap alat perlengkapan ini mempunyai fungsi yang berbeda.Untuk mendapatkan alat-alat [bahan] ini rata-rata membutuhkan waktu yang panjang.Hal ini disebabkan oleh tingkat kerumitan pekerjaan maupun kesulitan bahan.
Selain alat atau kelengkapan laki-laki yang disebutkan diatas, suku Mee juga mengenal teknologi tradisional. Misalnya, kapak batu [maumi], mempu menciptakan [menghasilkan] api dengan perlatan sederhana [beko-mamo]. Untuk mengola tanah pertanian mereka, diperlukan tongkat yang terbuat dari kayu yang keras misalnya amopiya, kenago, beberapa jenis pohon lain yang dianggap kuat dan bertahan lama. Jenis alat pengola lahan pertahanian ini disebut yado.Ada 3 jenis yado, yakni woya yado [tongkat berukuran panjang], pini yado [tongkat berukuran pendek], maa yado [tongkat kayu buah].
Alat-alat [perlengkapan] laki-laki ini disimpang di rumah yamewa.Tetapi, kadang-kadang ada yang menyimpan di rumah pondok [owa yokapa] yang dibangun di kebun hutan.Hal ini dimaksudkan untuk menjaga babi hutan, agar tidak menggangu tanaman, dan kadang dimanfaatkan untuk mencari kus-kus hutan pada malam hari [saat bulan terang].

3.    Yamewa dan Pandangan hidup Manusia Mee.
Pada umumnya orang Mee menghayati pandangan hidup yang diturunkan oleh leluhur mereka. Didalam yamewa misalnya, setiap anak laki-laki “harus” [perlu] mendapat “nasehat” yang menjadi pandangan hidup bagi anak itu sendiri di kelak. Ada dua kata yang menjadi pandangan hidup bagi suku Mee yang sampai saat ini masih ada yakni pertama, “dimi akauwai awii” [jadikan akal budi/ pikiran, sebagai kakakmu], sedangkan kedua, Dou, Gaii, Ekowai [melihat, berpikir, dan melakukan/ bekerja]. Kedua kata [pandangan] ini orangtua selalu diungkapkan pada saat seseorang/ terutama anaknya hendak bepergian [merantau] di daerah lain.
Orang Mee tahu bahwa setiap orang dipenuhi dengan dimi [pikiran].Dimi  selalu terdapat dalam setiap orang Mee. Ketika dimi meninggalkan tubuh selamanya, ketika itu seseorang meninggal dunia. Kerja sama antara dimi dan epo [tubuh] akan mengarahkan seseorang untuk melakukan hal-hal yang positif. Segala perbuatan yang dituntun oleh dimi selalu membawa dampak positif seperti sukses, bahagia, kepuasan batin, mendapat kepercayaan, nama baik.
Memperhatikan dimi sebagai pedoman hidup, orang Mee mesti menghayati dan menghidupi tiga prinsip dasar kehidupan yakni dou [melihat], gai [berpikir/ refleksi], eokwai [melakukan/ bekerja]. Orang Mee memandang, melihat dan mengevaluasi dan menginterpretasikan tindakan seseorang atas dasar ketiga prinsip ini. Orang Mee selalu menekankan pentingnya doudan gai sebelum mengambil keputusan yang mengarahkan kepada tindakan ekowai [Neles Tebay, 1998].
Selain pandangan hidup suku Mee secara umum yang disebutkan diatas, berikut ini merupakan pandangan hidup suku Mee yang terkandung [tersimbol] dalam bangunan [rumah] yamewa dan kehidupan laki-laki suku Mee kelak, baik didalam rumah yamewa itu sendiri maupun pada saat berinteraksi dengan orang lain[diluar yamewa], yang dalam kaitannya dengan yamewa dan pandangan hidup manusia Mee itu sendiri.
Pertama,Yamewa sebagai identitas seorang laki-laki. Dimana ada yamewa disitu ada laki-laki.Tanpa yame tidak mungkin yamewa didirikan.Untuk itu, yamewa dibangun untuk memperlihatkan eksistensi seorang laki-laki Mee sebagai jati diri dan identitas pribadi, kampung, bahkan lebih jauh adalah sebagai identitas suku Mee di Papua.
Yamewa yang dibangun oleh suku Mee, memperlihatkan identitas diri seorang laki-laki Mee. Dimana ia [yamewa] memiliki estetika yang lebih unik dan menarik [seperti seorang laki-laki, menghiasi tubuhnya] dibanding dengan bangunan lain yang dibangun oleh suku Mee itu sendiri, misalnya Yagamo Owa, Yuwo Owa, Bedo Owa dan lain-lain.
Ciri khas seorang Yame [laki-laki] ini kita dapat lihat dari bangunan yamewa, dimana ikatan tali pada bangunan yamewa itu sendiri. Misalnya pada dinding luar dan dalam. Ikatan tali-tali yang memiliki banyak nama seperti, togi teba, uwo maga, badou ketepe, mauwayage. Pada kehidupan laki-laki Mee, apa lagi seorang Tonawi, menghiasi tubuh [okai ma/ okai tine] dengan berbagai perhiasan yang melambangkan kemewaannya.
Kedua, yamewa sebagai tempat dimi mana motida/ topida.Sebelum mencapai umur 14 tahun, tugas mendidik dan membina anak laki-laki adalah tanggungjawab penuh dari bapanya.Bagi seorang anak laki-laki, satu-satunya guru adalah bapa.Bapa menghabiskan banyak waktunya dengan anak laki-laki. Pada saat-saat seperti ini bapa menjelaskan bagaimana cara berdagang, memelihara babi, dan agar berkembang menjadi seorang  makodo tonawi [tonawi sejati].
Anak laki-laki akan belajar dari “tindakan” bapanya tentang bagaimana membuat busur, dan anak panah, perahu, mengasa kapak/ pisau, membangun rumah serta sejumlah keterampilan dan pengetahuan [ena dimi-mana] lain yang berguna untuk menjadi seorang laki-laki sejati. Anak belajar semuanya itu dengan mengambilbagian dalam kegiatan-kegian tersebut. Anak belajar keterampilan-keterampilan ini, tidak hanya dengan mengamati dan mendengarkan melainkan juga dengan cara mempraktekkan.
Menyadari bahwa seorang anak mesti dibina tidak hanya dalam hal keterampilan dan pengetahuan, orangtua menciptakan kesempatan untuk menjadi independen dan mandiri.Hal ini dibina dengan memberikan sebagian kebun dan mendorong dia mengolah demi kepentingan keteramppilan dan pengetahuannya.Selain itu, kadang-kadang orang tua juga memberikan anak babi. Pemberian anak babi ini disertai dengan penjelasan tentang pentingnya pemeliharaan babi dan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh apabila memelihara babi itu dengan tekun.
Pada sore/ malam hari di rumah yamewa anak belajar [mendengarkan] tentang mitos, legenda [tetaa].Peristiwa-peristiwa bersejarah yang diceritakan, direfleksikan dan didiskusikan oleh para orang tua di rumah yamewa.
Salah satu aspek lain yang ditanamkan kepada seorang anak laki-laki adalah keberanian. Bapak mendidik anak menjadi orang yang berani.Hal ini dilatih mulai dari dengan perang-perangan antara bapak dan anaknya. Ketika anak tertembak, bapak mengajarkan siasat perang dan sejumlah hal lain yang memperagahkan dia menjadi orang yang lincah dan berani menghadapi prang [Neles Tebay, 1998].
Ketiga, yamewa sebagai “simbol pemersatu” ide, perasaan, dan perbedaan pandangan.Setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda.Begitu juga laki-laki suku Mee, mempunyai sifat dan karakter yang khas dan berlainan.Dalam menyelesaikan masalah-masalah yang telah dihimpun di yamewa tentu berbeda, pandangan dari setiap orang.Untuk mempersatukan semua ide, pandangan, pendapat dari semua laki-laki yang datang atau tinggal di yamewa.Sebelum mengambil suatu kesimpulan untuk mempersatukan semua pendat, semua orang yang mempunyai pendapat diperkenankan untuk menyampaikan kepada seseorang orang yang diaanggap bisa mengambil jalan jalan tengah (keputusan), yang disebut mana tonawi.
Keempat, yamewa, sebagai simbol [wujud] kebudayaan suku Mee.Sebelum agama dan pemerintah Belanda masuk di wilayah Paniai, sekitar tahun 1930-an. Suku Mee hidup dan merasa bahwa tidak ada orang lain, selain suku Mee, maka mereka berupaya berbagai cara untuk mempertahankan eksistensinya sebagai manusia sejati. Dimana mereka telah mengenal, tujuh jenis unsur-unsur kebudayaan dan tiga jenis wujud kebuyaan [Konetjaraningrat, [2002] dalam Pekei, 2008:69].
Batu pakaikeda, adalah salah satu wujud warisan budaya orang Mee, dengan berbagai bentuk benda [batu, kayu, pigu, dogi, obai, ida, ipa,manik-manik]. Dan dapat disebut sebagai wujud kebudayaan orang Mee [Konetjaraningrat, 2002:2].
Kelima, Yamewa sebagai tempat mencari keselamatan [ayi tai ubai owapa]. Dalam kehidupan suku Mee percaya akan yang ilahi terungkap dalam beberapa sebutan. Yoseph Tanimoyabi Bunai [2007] dalam buku “Mobu dan Ayii, Jalan Menuju Keselamatan Inisial dan Kekal Menurut Suku Mee di Papua, menyebutkan 7 [tujuh] jenis nama yang digunakan oleh orang Mee untuk menyebut Tuhan sebagai yang ilahi. Ungkapan kepercayaan akan ilahi itu diantaranya ugatame [pencipta], ipuwe me[pemilik],  wadoo me [yang ada di atas], mee munetai me [pemelihara manusia], ayii me [penyelamat] ibo naitai [bapa maha besar] poya me [pribadi yang berkilau].
            Cara yang dipakai untuk memperoleh keselamatan [ayii] dalam kehidupan suku Mee adalah prinsip dasar dimi, [pikiran, akal budi, kemauan]. Dimi/ dimi mana[pikiran dan perkataan] mengandung arti yang paling utama/ pertama sebelum mengambil keputusan, berbicara, berbuat, berjalan, atau sebelum melakukan segala hal. Untuk itu, adanya unsur filosofis yang mengatakan dimi pukika gaii [berpikir dengan kesungguhan akal budi], dimi puki ka dou[melihat dengan kesungguhan akal budi], dimi puki ka ekowai [berbuat dengan kesungguhan akal budi]. Atau lebih singkat disebut dou-gaii-ekowaii [melihat, berpikir dan melakukan].
Menghayati nilai-nilai hidup. Untuk mencapai ayii, diperlukan penghayatan terhadap nilai-nilai budaya yang telah diwariskan. Dalam kehidupan suku Mee baik secara pribadi maupun kelompok, ada 4 nilai-nilai fundamental dalam hidup yang bersumber dari dimi, yakni ipa, maa, enaimo, dan ideide. Ipa artinya rasa kasihan, kasih sayang, cinta kasih. Dalam bahasa umum disebut saling membantu atau tolong menolong, mengerti akan masalah orang lain dan sebagainya. Maa artinya sunggu, benar, percaya, yakin]. Seorang Mee akan mengatakan maa/ makodo, ketika dia sudah mengalami, merasakan, mendegarkan, dan melihat dengan mata kepala sendiri. Enaimo, artinya bersama. Kata ini mengungkapkan nilai kebersamaan, persahabatan, persatuan dan kesatuan, hidup bersama, saling melengkapi satu sama lain, bersama-sama mengatasi masalah. Dalam kehidupan suku Mee, kata enaimo, dibuktikan dalam pekerjaan yang berat. Misalnya membagun rumah, menarik perahu dari hutan, dan lain-lain. Ideide, artinya gembira, bahagia, senang. Arti lain dari kata ideide adalah sukacita atau bahagia. Apabila orang menghayati nilai-nilai hidup yag disebutkan diatas, maka ideide adalah saat menikmati hasil dari pada nilai-nilai hidup itu.
Norma-norma moral. Dalam mencari keselamatan, suku Mee mengenal norma-norma moral yang menjadi budaya hidup suku Mee. Norma-norma moral ini lebih ditekankan pada larangan-larangan, yang sama dengan 10 hukum Musa. Sementara, Pigai, Gotai, Ruben [2008] dalam buku, Mungkinkah Nilai-nilai Budaya Hidup Suku Mee Bersinar Kembali? Menyebutkan sebernarnya, bukan sepuluh tetapi lebih dari sepuluh. Namun ia hanya menyebutkan 10 norma-norma moral suku Mee, yang disesuaikan dengan Alkitab.
Bagi suku Mee, kesepuluh  perintah Allah [hukum Musa] itu bukan hal baru, tetapi telah ada di kalangan suku Mee jauh sebelum Injil [Agama] itu datang di daerah Paniai. Larangan-larangan itu adalah oma teyamoti [jangan mencuri], mogai tetai [jangan berzinah], akaitai-akukai ibo eyaikai, [hormatilah Ayahmu dan Ibumu], puya mana tewegai [jangan berdusta], Mee ka yagamo kibigi teyagai[Jangan mengingini istri orang lain], Mee ka owa kibigi teyagai [jangan menigini rumah orang lain], Mee tewagi [jangan membunuh orang lain], utama bagee ena ewii [menghormati semua orang], tanggungjawab dan kasih sayang orangtua, kesabaran, ketabahan dan ketidakputusasahan, kecerdikan, bersikap lapang dada, tolong menolong [akadade], tidak boleh memaksakan kehendak orang lain, kepercayaan terhadap adanya kekuatan gaib. Tidak boleh malas [Bunai, 2007:35-47]. 
Memelihara relasi dengan roh-roh. Orang Mee percaya bahwa Tuhan itu ada [ugatame-pencipta]. Maka, dalam kehidupan terdapat beberapa sebutan untuk menyatakan Tuhan itu ilahi. Misalnya, ugatame [pencitpta], ipuweme [maha penguasa/ pemilik], ibo/ ibo naitai [maha besar/ bapa yang agung], ayii me [maha penyelamat], mee munetai [maha pemelihara], epa maki yakitope me [maha pemegang langit dan bumi].

4.    Pengertian Yamewa dalam Ilmu Arsitektur. 
Apa itu arsitektur? Istilah “arsitektur” merupakan istilah yang holistik, penuh makna dan banyak lapisan pengertian. Kata arsitektur berasal dari bahasa Yunani yaitu “archdan tekton”. Arch artinya berdiri untuk memulai, mengusaha, dan membimbing. Sedangkan, “tekton” berarti menciptakan, mengembangkan, dan membangun.Maka, kita menarik benang merah bahwa arsitektur adalah ilmu yang membutuhkan keterlibatan manusia sebagai aktor untuk mengola, mengembangkan, dan mendirikan sebuah rumah berdasarkan keadaan alam sekitarnya [Frick dan Widmer, 2006: 61].
Dalam sejarah ilmu arsitektur, rumah atau tempat tinggal yang aman dan terlindung adalah goa atau tonjolan wadas/ cadas [lapisan tanah atau batu yang keras].Tempat ini dianggap aman dan terlindung terhadap cuaca, binatang liar, dan musuh.Dalam perkembangannya, anusia dengan kemampuan tangan mulai membangun rumah atau pondok dari dahan pohon atau rumput-rumput.
Berbicara tentang yamewa, bukan berhenti sampai pada titik [definisi] keteknikan [arsitekturnya] saja.Akan tetapi, untuk menemukan makna dibalik bangunan yamewa, diperlukan berbagai pandangan dan pendapat yang tentunya kaitan arsitektur, alam, budaya dan manusia Mee.Untuk mempermudah mendapat makna yamewa dalam ilmu arsiektur. Maka, dibutuhkan pandangan lain tentang yamewa sebagai wujud kebudayaan orang Mee, dan orang Mee sebagai pemilik budaya yamewa serta dimana yamewa itu berdiri [kosmologisnya].
            Pertama,Yamewa sebagai wujud kebudayaan suku Mee.Apakah  itu arsitektur tradisional? Berikut ini merupakan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan mengenai kaitan arsitektur [yamewa] sebagai wujud kebudayaan dan hasil karya manusia Mee [Koentjaraningrat 2002: 2].Arsitektur tradisional merupakan identitas budaya suatu suku bangsa, karena didalamnya terkandung segenap perikehidupan. Jadi, setiap perubahan bentuk kehidupan masyarakat tradisional akan mempengaruhi arsitekturnya [Soeroto, 2003:11].
            Menurut Rapoport [1990] dalam Nurani [2004:11] menyebutkan pengaruh sosial budaya terhadap bentuk arsitektur adalah adanya proses pembentukkan hunian sebagai wadah fungsional yang dilandasi oleh pola aktivitas manusia serta pengaruh seting atau rona lingkungan baik yang bersifat fisik maupun nonfisik [sosial budaya] yang secara langsung mempengaruhi pola kegiatan dan proses pewadahannya. Selain itu, lingkungan buatan menyampaikan makna-makna, memberikan kerangka ruang dan waktu untuk tindakan manusia dan perilaku yang tepat [Rapoport dalam Snyder, 1979:5-6].
            Menurut Joni Gobai [2001] dalam [skripsinya yang berjudul “Membangun Kabupaten Paniai dengan Konsep Budaya Emawa/ Yamewa” mengatakan bahwa budaya yamewa adalah suatu sistem gagasan dan hasil karya manusia [suku Mee] untuk memenuhi kehidupannya dengan cara belajar, yang semuanya tersusun dalam kehidupan masyarakat suku Mee. Rumah ini dibangun secara tradisional, namun dirancang secara teknik, estetika, dan struktur yang berbeda dimana yamewa menggambarkan bagaimana seorang laki-laki Mee menggunakan pakaian tradisional dan berbagai perhiasan pada seluruh tubuhnya.
            Manusia dan kebudayaan yang dihasilkannya serta peradaban yang dihasilkan terletak pada alam sekitarnya dengan hukum alamnya.Dari kebudayaan keseimbangan dengan lingkungan, sosial-kebudayaan tertentu, kemudian dibuat faktor-faktor lingkungan, seperti mendirikan rumah.
            Kedua, Yamewa dalam arti Arsitektur Vernakular.Arsitektur tradisional yamewa yang dibagun oleh suku Mee ini, dapat dikatakan sebagai arsitektur vernakular. Mengapa? Karena ia [yamewa] dibangun pada saat manusia Mee di Paniai itu belum dipengaruhi oleh dunia luar [sebelum akulturasi budaya]. Yamewa lahir dari dinamika antara kebutuhan [kebutuhan kondisi lingkungan yang kondusif, keamanan, keharmonisan antara alam dan manusai], dan cara [bahan bangunan yang tersedia dan teknologi konstruksi] yang tersedia dimana manusia Mee itu mendiami [mouwo].
Yamewa juga dapat disebut sebagai arsitektur prasejarah dan primitif yang merupakan bentuk yang hadir pada tahap awal dinamika ini. Kemudian manusia Mee menjadi lebih maju dan pengetahuan mulai terbentuk melalui tradisi lisan dan praktek-praktek, sehingga arsitekturvernakular yamewaberkembang menjadi ketrampilan hingga saat ini, kita masih bisa dinikmati bentuk dan estetikanya. Pada tahap inilah terdapat proses uji coba, improvisasi, atau peniruan yang dilakukan oleh leluhur roang Mee, sehingga menjadi hasil yang sukses. Dalam kehidupan suku Mee pada saat seseorang mendirikan rumah tinggal, tidak mengenal istilah “arsitek” [ahli bangunan] tetapi orang yang menjadi arsitek adalah pemilik rumah itu sendiri, disisi lain kadang dipanggil seseorang yang dianggap cocok untuk mengukur pondasi panggung sebelum bangunan itu dibagnun. Tetapi, ia bukan seorang arsitek, ia hanya membantu mengukur pondasi sebelum bangunan itu dibangun.Arsitektur vernakularyamewa lahir dari pendekatan yang demikian dan hingga kini masih dilakukan oleh masyarakat suku Mee di Papua [www.wikipedia.org].
Ketiga,Yamewa dalam arti Arsitektur Tradisional. Secara arsitektural, yamewa dibangun berdasarkan perilaku manusia Mee dimana bentuk yamewa yang begitu megah, kuat dan bernilai estetis yang tinggi, dibanding arsitektur rumah adat lainnya [yagamo owa, yuwo owa, ekina owa dan lain-lain].Yamewa adalah salah satu bangunan [rumah adat/ tinggal] bagi laki-laki suku Mee sehingga disebut arsitektektur tradisional.
Arsitektur merupakan tempat  “bernaung” yang paling “sederhana” dimana arsitektur [yamewa]sebagailingkungan binaan[built environment] yang berfungsi untuk perlindungan dari bahaya dan untuk menampung kegiatan manusia serta sebagai “identitas status sosial[Snyder].Mengutip pendapat Snyder,yamewa memperlihatkan “statusnya sebagai seorang laki-laki” dalam bentuk, ornamen, cara ikat, pemilihan kualitas bahan, ukuran. Yamewa adalah sebuah ruang, yang memiliki dinding pemisah antara [tapo-luar dan kuguda/ owa duba–dalam].F.D.K. Ching,menyatakan, arsitektur pada umumnya “dipikirkan” [dirancang]dan “diwujudkan” [dibangun] sebagai tanggapan terhadap sekumpulan kondisi yang kadang-kadang hanya bersifat fungsional semata atau merupakan refleksi sosial, ekonomi, politik, perilaku atau tujuan-tujuan simbolis.

5.    Kesimpulan
Kini semua kekayaan kebudayaan, nilai-nilai hidup budaya orang Mee yang pernah ada dan yang menghantar manusia Mee sampai pada saat ini telah hilang. Penyebabnya adalah kita [generasi sekarang], telah mengidap virus “ikut-ikutan”, kemudian kitalah yang menghakimi budaya kita sendiri dengan dalil budaya itu, “kuno, ketinggalan, tradisional, kampungan, primitif, masa bodoh, zaman batu” dan sebainya dan seterusnya. Disini diperlukan suatu kesadaran diri akan pentinnya, faktor budaya dalam segala aspek kehidupan manusia. Karena saat ini dimana, mana telah kehilangan jati diri sebagai manusia berbudaya, yang pernah ada dan yang dimiliki oleh setiap suku bangsa yang ada di dunia.
Suku Mee artinya manusia sejati yang memaknai konsep budaya arsitektur yang tersimbol dalam beberapa tipologi bangunan. Rumah adat  yame owa yang didirikan oleh orang Mee mempuyai beberapa makna konsep budaya yang terwujud dalam bentuk arsitektur yamewa diantaranya:
Pertama,Bahwa rumah adat yamewa didirikan seseorang yang memiliki status sosial, ekonomi yang mapan menurut ukuran masyarakat sekitarnya dan karena mempunyai kemampuan tertentu baik dalam hal pemahaman budaya maupun hal-hal mistik.
Kedua, Bahwa rumah adat yamewa adalah simbol  yang mencerminkan dasar hidup manusia artinya manusia hidup dan tinggal dalam rumah yang memiliki fondasi yang kuat dan kebahagiaan dalam hidupnya.
Ketiga,Budaya rumah adat  yamewa adalah tempat yang mengantar manusia suku Mee pada pengembaraan dalam pemikiran manusia untuk memaknai setiap fenomena alam dan masyarakat yang dihadapi dalam proses hidupnya.
Keempat,Yamewa adalah simbol pemersatu ide, perasaan, perbedaan pandangan, yang berorientasi pada proses dialog dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat [Suku Mee].

Kelima,Arsitektur tradisional yamewa adalah wujud karya nyata leluhur suku Mee. sebagai simbol identas budaya suku Mee di Papua.


Penulis : Yunus Amopiya Yeimo 
Editor   : Fredi Wiyaiipode Mote
Redaksi : Sahabat Mee
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar